5 Jul 2010

SOLVE OUR PROBLEMS


Terkadang di hari-hari yang kita jalani mudah kita menemukan lubang-lubang yang selalu membuat kita jatuh karenanya. Namun, lebih banyak lubang tersebut kita sendirilah yang menciptakannya. Dan ketika kita masuk terperosok dalam lubang yang sama, kita kemudian berteriak, "kenapa bisa ada lubang di sini?".

Kata orang hidup itu adalah masalah. Lalu, mengapa orang kaget saat hidupnya ada masalah? Gampang saja, dia tidak tahu bahwa dia sedang hidup. Itu artinya, tugas yang masih hidup adalah menyelesaikan setiap masalahnya.

Beberapa hari kebelakang, ada beberapa orang yang saya kenal bercerita tentang masalah-masalahnya. Mulai dari masalah keluarga, organisasi, manajemen waktu, hingga masalah kenapa dia tidak bisa menyelesaikan masalah.

Mulai dari SMS, chatting, sampai bicara langsung mereka semua bercerita tentang masalah-masalah mereka. Kemudian dalam hati saya bertanya pada diri saya sendiri, apa saya ini tidak punya masalah? Atau, sudahkah saya menyelesaikan masalah-masalah pribadi saya? Ternyata setelah dipikirkan "belum".

Dengan kata lain, orang-orang menceritakan masalah mereka pada orang yang belum menyelesaikan masalahnya sendiri. Hemat saya, siapa pun yang memberikan saran, usul, atau solusi tentang masalah kita sendiri, tetap saja kita sendirilah yang harus menyelesaikannya. Tentunya dengan jawaban kita sendiri. Karena bisa jadi, setiap orang diciptakan dengan masalah yang khas dengan pribadi dan kemampuan orang itu sendiri.

So, let's solve our problems by ourself !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terima kasih.