7 Jun 2011

Selalu Terdengar Baru

Hidup dengan sahabat menjadikan hidupku lebih berwarna. Tidak hanya sekadar warna-warna keceriaan, tapi juga warni-warni kesalahan menjadikannya dalam kesedihan. Hidupku dengan sahabatku adalah warna-warni.***

Seorang sahabatku, sekitar beberapa hari yang lalu bercerita tentang kehidupannya yang tak pernah aku sangka-sangka sangat memiriskan hati. Siapa yang mengira dalam keceriaan tertanam kesedihan yang begitu mendalam? Diri seorang pejuang, apa memang harus seperti itu? Mempertunjukkan kebahagiaan pada orang lain dan menanam kesedihan dalam diri sendiri.

Lantas, cerita kehidupannya pun terus mengalir. Ada tutur haru, sendu, malu, dan ragu. Kisahnya cukup klasik, terkait masalah keluarga. Tapi kenapa hal yang klasik ada di jaman modern seperti ini? Dan nyatanya ada, bahkan mungkin tidak sedikit. Itu masalahnya. Tak habis pikir diriku menelaah ceritanya.

Aku pikir hanya sinetron saja yang menayangkan kisah ironi seperti itu. Tapi Tuhan pun menunjukkannya padaku. Dan itu terjadi pada temanku, sebagai salah satu pelakunya.***

Ada sebuah kesadaran lagi. Kadang masalah yang kita hadapi tidaklah terlalu berat bila kita bandingkan dengan masalah orang lain. Hanya kita jarang melihat itu.

Kita harus bisa menatap tinggi hidup kita tapi tetap harus berpijak pada bumi. Di dunia ini selalu ada sesuatu yang lebih dari kita. Lebih sulit, lebih rumit, lebih lemah atau lebih besar, lebih jauh, lebih tinggi, dan lebih.. lebih.. Ingat saja peribahasa "di atas langit masih ada langit" dan bisa jadi di bawah bumi masih ada ruang-ruang kosong. Mungkin itu kelihatan seperti nasehat lama, tapi sesungguhnya akan selalu terdengar baru jika kita sadar di mana posisi kita.***

Maka pada suatu pagi hari ia ingin sekali menangis sambil berjalan tunduk sepanjang lorong itu. Ia ingin pagi itu hujan turun rintik-rintik dan lorong sepi agar ia bisa berjalan sendiri saja sambil menangis dan tak ada orang bertanya kenapa.

Ia tidak ingin menjerit-jerit berteriak-teriak mengamuk memecahkan cermin membakar tempat tidur. Ia hanya ingin menangis lirih saja sambil berjalan sendiri dalam hujan rintik-rintik di lorong sepi pada suatu pagi. - Sapardi Djoko Damono, 1973


Catatan lalu:
Cimahi, 12 Oktober 2009
Aan Sopiyan

15 komentar:

  1. Ia hanya ingin menangis lirih saja sambil berjalan sendiri dalam hujan rintik-rintik di lorong sepi pada suatu pagi.

    Saya kehilangan banyak kata pada catatan ini...
    persahabatan selalu menjadikan saya melihat berbagai sudut dengan lebih arif...^^

    teruslah menulis mas..

    BalasHapus
  2. terkadang kita mengangap masalah kita yg paling hebat, ternyata masih banyak orng2 lain yg lbh brt mslhnya ketimbang kita...hidup juga bercermin kpd orang lain agar kita senantiasa bersyukur..

    BalasHapus
  3. terkadang sinetron adalah cerminan kehidupan yang sesungguhnya...sungguh sangat beruntung orang yang mendapatkan cerita seperti itu...mendengar untuk disimak...disimak kemudian dicermati...hidup itu penuh dengan warna warni...maka mari kita selami hikmah dibalik itu semua...tetap bersyukur kepada Nya...

    BalasHapus
  4. Nick Salsabiila:
    Wah, aku terharu nih dapat komenmu kayak gitu. :'(

    BalasHapus
  5. meutia rahmah:
    Iya, kak Tia. Terima kasih ya untuk hikmah dan komennya. :)

    BalasHapus
  6. NIT NOT:
    Benar sekali bang NIT NOT, mari kita selami hikmahnya dan terus bersyukur pada-Nya. Terima kasih. :)

    BalasHapus
  7. krn tiap org punya cara trsendiri utk trsadar dr ksalahan,dan Allah sllu puny cara yg unik mnyadarkan qt jika qt salah, sy pun trkadang seperti itu, hikz.menganggap maslahku adlh mslah yg paling "wah", itu tentu salah dan bnr2 salah.. :)

    mngajak qt bercermin dari kisah sahabat, salah satu cara unikNya..Nice post.. :)

    BalasHapus
  8. Hmmm..... sepertinya aku bisa membacanya. hahahahaha.....

    Sahabat yg baik. Semoga sang sahabatmu itu bisa terus berjuang untuk melawan masalahnya ya kang... :D

    BalasHapus
  9. Phipi:
    Makasih ya Phipi, ia nich kadang kita sering ngerasa masalah kita tuh yg paling berat. Ya semoga kita termasuk orang" yg mampu bersabar. Terima kasih. :)

    BalasHapus
  10. Ceu Ika:
    Amin.. Allahuma amin. Makasih Ceu.. :)

    BalasHapus
  11. turut mengaminkan semua komen..
    amin... Allahuma amin.....

    BalasHapus
  12. Accilong:
    Syukron jazakillah neng Acci. :)

    BalasHapus
  13. untuk kita selalu bisa bersyukur^^

    BalasHapus
  14. First Gamut:
    Yap.. terus selalu bersyukur pada-Nya.

    BalasHapus
  15. mundur sebentar jaga jarak buat ngelihat akar permasalahan... siapa tahu ternyata emang gag segitu beratnya :)

    BalasHapus

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terima kasih.