30 Okt 2010

Berbuat lebih baik

Jika pohon diberi pupuk sekadarnya saja, ia memang bisa untuk bertahan hidup. Tetapi tak berkembang dengan baik. Jika diberikan pupuk yang cukup dan bukan sekadar apa yang diperlukan untuk hidup, maka pohon itu akan hidup dan berkembang, juga bahkan menghasilkan buah yang berlimpah. 
 
Lalu, apa maksud dari hal tersebut? Salah satu kenyataan dari kehidupan ternyata adalah proses pertumbuhan. Untuk mendapatkan kualitas hidup yang sangat baik itu tak bisa hanya menguasai keahlian-keahlian yang sekadarnya saja. Mungkin dengan hidup sekadarnya saja kita akan terlihat baik, tetapi pada kenyataannya baik saja tidaklah cukup. Bukankah hidup dengan lebih baik masih memungkinkan?

Setiap saat, hidup tak luput dari berbagai persoalan. Kadang hati senang karena mendapat pujian dan keberhasilan, lain waktu menderita karena dicela dan mendapat kekalahan. Ini adalah hal yang sangat biasa dan lumrah, yang hanya ada pada diri-diri yang berkehidupan biasa dan lumrah juga. Atau hidup “ya sekadarnya saja!” Menjadi baik bila lingkungan baik dan menjadi buruk bila lingkungannya pun buruk. 
 
Gelombang kehidupan memanglah tak selamanya reda. Kadang menggulung dan menghempaskan kita pada kesengsaraan. Dan yang terhempas biasanya hanya bisa pasrah dan menyalahkan gelombang, sedangkan yang bertahan, adalah orang yang memiliki kebesaran jiwa. Kehidupannya lebih baik walau terlihat berat. Ia tenang atas apa yang telah didapatkan. Ia bersyukur dan syukurnya justru menambah nilai-nilai kebaikan dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terima kasih.