28 Jan 2011

Sekilas Tentang Visi

Photo by Qefy Al Ghifari


Manusia terus menerus mencari tujuan dan makna dari berbagai peristiwa yang dialaminya. Baik peristiwa tersebut saling berhubungan dengan peristiwa lainnya, ataupun berada diluar nalar. Penciptaan tujuan dan makna akan sangat penting disini. Ini erat kaitannya dengan keberhasilan. Menciptakan visi sebagai salah satu kunci keberhasilan takkan lepas dari tujuan dan makna pribadi.



Kita semua memiliki pikiran-sadar dan bawah sadar. Koridor tujuan pribadi kita berada pada pikiran-sadar, sedangkan untuk makna pribadi seringkali berada pada koridor pikiran bawah-sadar. Fungsi dari pikiran-sadar ialah mengungkapkan diri pada kerangka logika, misalnya, saat kita berkata, ”Saya sebaiknya mulai belajar malam ini” atau “Saya perlu berlatih menulis”.



Akan tetapi, pikiran bawah-sadar lebih mempedulikan perasaan tentang diri kita.Apakah kita merasa nyaman,bahagia dan aman ? Atau kita merasa sedih,tertekan atau terancam ? Apakah kita merasa percaya diri atau khawatir ? Disinilah konflik terjadi. Untuk menjadi berhasil, Anda perlu memastikan bahwa apa yang Anda inginkan secara sadar dan tak sadar adalah sama.



Anda juga patut memperhatikan pada diri sendiri, maupun orang lain, apabila melihat ketidakcocokan yang jelas terlihat. Perilaku seseorang harus diamati secara terpisah dan dicocokan dengan apa yang dia katakan. Seperti menggelengkan kepala sambil mengatakan “ya”. Maka ada tanda halus tetapi sama jelasnya yang menggambarkan isi pikiran seseorang.



Oleh karena itu, untuk berhasil.Anda harus menciptakan visi masa depan yang jelas yang memacu dalam hidup Anda. Visi membantu Anda memprogram pikiran kita untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.



Jadi, sekarang, lihatlah tujuan yang sudah Anda buat dan bayangkan diri Anda ketika sukses nanti. Bagaimana rupa Anda, perasaan Anda ? Karena dengan demikian akan menjadikannya lebih bermakna. Jika mempunyai visi,berarti Anda mempunyai tujuan, dan jika mempunyai tujuan, Anda menciptakan keteguhan dan kemauan.***


Aan Sopiyan
Sang Pembelajar

5 komentar:

  1. Waaaw, saya kena tampaaaar. Selama ini banyak tujuan tapi tak pernah di evaluasi :D. Baiklah, saya coba kelola ulang dan saya ikuti saranmu kawan :D

    BalasHapus
  2. Sini tak tusuk sekalian.. :P Hihi.

    BalasHapus
  3. Hahahaaa, saya ga suka ditusuk :))

    BalasHapus
  4. makasih infonya, visi memang sangat penting.

    BalasHapus
  5. Info ??
    Hihi.. mungkin tulisan saya kelihatan kayak pengumuman kali ya?

    BalasHapus

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terima kasih.