1 Jul 2012

Kacamata

Bila kedua matamu melihat kekurangan
Biarkan dan berkatalah,
Hai mata! Semua orang juga punya banyak mata
Bergaullah dengan baik, dan maafkan orang yang berbuat buruk
Serta tolaklah dengan perbuatan yang lebih baik.

- Imam Muhammad As-Syafi’i

Saya ingat dengan salah satu status di FB yang dituliskan oleh salah seorang teman. Teman saya ini perempuan. Tulisnya bahwa jika ada dua orang lelaki yang tampan dan bila salah satunya berkacamata, maka lelaki yang berkacamata itu lebih tampan dari yang satunya.

Sungguh, itu adalah status FB yang sangat emosional menurut saya dan (mungkin) tidak bertanggung-jawab. Tepok jidat.

Kenapa? Pertama, karena posisi saya adalah seorang lelaki yang tidak berkacamata. Kedua, saya sendiri heran mengapa ketampanan sangat dipengaruhi kacamata. Padahal bukankah dengan berkacamata itu artinya ada sesuatu yang (maaf) salah dengan pandangan si pemakai alat bantu untuk melihat tersebut? Ketiga, ada satu pertanyaan awam, apa mungkin dengan memakai kacamata maka seorang lelaki bisa lebih tampan? Iya, menurut teman saya. Menurut kamu?

‘Ala kulli hal, terpujilah ia yang dengan niat tulus, diberikan kecerdasan Tuhan hingga terpikir untuk men-design kacamata. Satu barang yang bisa-jadi bagi sebagian orang kini adalah barang yang hampir tidak mungkin dipisahkan dalam kehidupan sehari-harinya. Barang atau benda yang dengannya si pemakai tidak kabur, buram, samar atau bahkan gelap saat melihat atau memandang.

Bersyukurlah kepada siapa saja yang masih dengan nyaman untuk melihat saat mebaca tulisan ini. Atau, saat kamu memandang mentari pagi atau saat senja, alam yang hijau, langit yang biru, dan segala ciptaan-Nya yang lain dimana itu semua sungguh tiada tandingannya. Juga saat bercermin atas apa yang nampak diwajahmu tidaklah buram atau wajahmu tidak datar sehingga bisa dibedakan mana kamu, mana hantu berwajah datar. #Eh

Jika pun, kita semua mau bercerita tentang apa saja yang patut kita syukuri atas nikmat penglihatan, maka sudah habislah waktu kita untuk menyebut betapa banyaknya anugerah yang telah diberikan Tuhan kepada kita semua atas nikmat tersebut.

Dengan demikian, apa pun yang teman saya katakan tentang lelaki yang berkacamata, apabila itu membuatnya semakin tampan maka amin-kan saja, syukuri. Dan yang tidak berkacamata pun harus lebih bersyukur tentunya. Pernah dengar kan kalau yang namanya tampan atau cantik itu pada dasarnya adalah saat segala sesuatunya diposisikan sesuai kadarnya, sesuai tempatnya, dan digunakan sesuai fungsinya. Bagaimana, sepakat dengan itu?


Ahad, 01 Juli 2012
Suatu hari dimana pertama kali berkacamata.

16 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang Kacamata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Obat Asam Urat.. ^__^

      Hapus
  2. Hahaa...naif banget memang ketika kita berasumsi bahwa yang berkacamata lah yg akan menjadi jauh lebih tampan. Dulu aku sempat berekspektasi tinggi bahwa pria berkacamata adalah seorang yg (mungkin)pintar ----pendapat aku pas masi SD
    Tapi ternyata itu juga ga kalah naifnya, karena pada akhirnya (alhamdulillah) sampai saat ini aku ga berkacamata (dan tetap pintar..*eh...hahahahahaha
    Menurutku sih, yg paling penting bukan bagaimana cara dia menjadi tampan dengan kacamatanya, tapi bagaimana seorang pria mampu menjadi tampan dan pintar dengan caranya, berikut keimanan dan mimpi2nya...*eh (lagi)..itu menurutku loh ya..:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih diajeng.. You know me so well. ;-)

      Hapus
  3. hehehh...bener bangt,padahal menurut aku...pake kacamata itu ribet lho.., aku bahkan butuh bertahun2 pake kacamata stelah minesku di atas angka 2^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. diatas angka 2 >_<
      ayo ayo.. ceritakan padaku gimana perasaannya saat bercermin.. hehe. ;-)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    BalasHapus
  6. ya Allah, pantesan posting keyak gini, orang dia-nya udah berkacamata. hehehe :p
    kisah saya sama persis kak nick, orang berkacamata selalu identik dengan "pintar"nya, (pendapat waktu SD, krn blum ada teman berkacamata) tapi pas naik SMP eh, udah deh, guoyah dengan kenyataan kalo saya bisa ngalahin mereka 'yang berkacamata' walopun saya sendiri gag berkacamata, hehe...

    ketampanan dan kecantikan seseorang gag mutlak dinilai dari kacamata, aneh saja! betul betul aneh! hoho...
    klo menurut saya pribadi (walopun gag ditanya nih yaa kak) ketampanan dan kecantikan sesungguhnya itu berasal dari dalam dirinya, pribadi yang santun dan akhlak yang terpuji. klo kriteria itu sudah ada dalam diri setiap orng, walopun sesuai fisik yang terlalu cakep nii, tetep aja yang ngeliat pasti mengakui ke'cakep'annya :) betul ndag??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sioranges bijak sangat nih.. dahsyat!
      mudah2an ketampananku hari ini dan seterusnya berasal dari dalam juga.. #eh

      Hapus
  7. Itu wajah tak jelas sering kusebut muka rata kang:D
    kalau saya buka kacamata, pasti duniaini blur.. astagfirulloh.. ini karena dzalim terhadap mata yang saya lakukan pas smp.
    eh tapi, selamat ya sudah berkacamata.. sepertinya akan menjadi trend di Aan fans club beberapa waktu ke depan :)
    Salam hangat dari sukabumi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahah... banyak2 makan Vitamin A Pita. Moga2 dgn begitu mata yg sudah didzolomi masih bisa berbaik hati dan memaafkan.. #Apasih

      Hmm.. BTW, si aku pake Kacamata cuma sesaat aja, males ngelanjutin.. insyaAllah masih bisa bertahan tanpa alat itu.

      Wsalam dari Bandung.. ^__^

      Hapus
  8. koq baru ngeh ya ada postingan se unik ini he he, tak hanya dulu sampai kini pun ak masih dibleenggu dengan ketertarikan cowok berkaca apa lagi rambut panjang dan lurus xixiixi

    terlihat lebih caem and smart kali ya ha ha tapi akhir2 inni sering digoyahkan pendirian temn kantorku Kalo cowok berkaca itu identik tak setia,,hemm pa betul yaa???

    he he he kalo cewek sih ak rasa ga ada ngaruhnya sih antara tambah caem or smart, justru ak lebih suka liat cewek tanpa kaca,,,upss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini nih.. Ndear termasuk pendukung cowo kacamata. xixi..
      didoain moga dapet jodohnya yg terbaik, berkacamata.. :D

      Hapus
  9. dulu saya mikir yg berkacamata itu kelihatan intelek,
    setelah bertahun2 make, saya ga' merasa intelek haha..

    yg ga' pke kacamata terus bersyukur,
    yg pke kacamata bersyukur, ada yg ciptain kacamata hehe
    ya kan mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. tuh kan pinter sekarang. hahaha :D

      Hapus

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terima kasih.