5 Des 2014

Siaga Sehat

Ini adalah berita terbaru dari RZ Balikpapan. Sebuah event yang kami selenggarakan yang juga menandai bahwa saya telah 5 bulan ada di kota minyak. Hehehe...

Tempat ini merupakan teras masjid al Hijrah, Trans AD, yang kami setting sebagai tempat layanan kesehatan untuk sementara
c. Aan Sopiyan

Event kali ini tentang siaga sehat. Program siaga sehat menjadi program penutup kami di bulan Nopember lalu. Kali ini programnya didukung penuh oleh Laznas Chevron. Setelah sempat beberapa kali bolak-balik menyampaikan proposal, akhirnya program siaga sehat ini disetujui juga oleh pihak Laznas Chevron.

Pemeriksaan kesehatan
c. Aan Sopiyan
Siaga sehat merupakan salah satu bentuk program dari RZ (Rumah Zakat) yang tergabung dalam rumpun program senyum sehat. Kita barangkali sepakat bahwa kesehatan perlu diusahakan pula hingga ke pelosok negeri agar masyarakat kurang mampu bisa mendapatkannya secara gratis, atau pun setidaknya bisa murah (tapi tidak murahan).

Siaga sehat kali ini dilaksanakan hari sabtu (29/11) yang lalu. Berlokasi di Trans AD (Jl. Soekarno Hatta Km. 8) Balikpapan Utara, kota Balikpapan. Ada sekitar 15 orang sebagai tim dari RZ Balikpapan. Mereka terdiri dari para amil, relawan, dokter, perawat dan apoteker. Kami semua melayani hampir 130 warga di Trans AD dan sekitarnya dalam pelayanan siaga sehat ini.

Trans AD termasuk wilayah yang berada di kelurahan Karang Joang (Jl. Soekarno-Hatta Km. 8), kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Akses ke lokasi relatif mudah namun sedikit terkendala dengan jalan yang masih tanah dan bebatuan sepanjang 2 kilometer dari jalan utama. Lokasi bisa dikatakan sebagai wilayah terpencil.

Meski sedikit terkendala oleh minimnya alat transportasi yang kita miliki, alhamdulillahevent kali ini berjalan cukup lancar. Banyak warga yang antusias hadir meski jarak lokasi siaga sehat berjauhan dengan tempat tinggal mereka. Bahkan ada yang melakukan perjalanan sepanjang ± 3 km tanpa menggunakan kendaraan apa pun, hanya dengan berjalan kaki. Subhanallah. Berikut adalah beberapa dokumentasi kegiatannya:

Bapak Imam Syafi'i selaku Manager Laznas Chevron turut mengamati pemeriksaan kesehatan
c. Aan Sopiyan
Salah satu warga yang berkonsultasi kesehatan dengan dr. Megahayu
c. Aan Sopiyan
dr. Merlinda dan salah satu pasien
c. Aan Sopiyan
Apoteker-nya adalah Ibu Afriliyana beserta suami yang juga turut membantu event siaga sehat
c. Aan Sopiyan
Management Laznas Chevron: Pak Iwan, Pak Nashrun, Pak Imam, dan Pak Fickly
c. Aan Sopiyan
Foto bersama tokoh masyarakat setempat, management laznas chevron dan saya
credit to Andry (relawan RZ) selaku fotografer-nya
Well, mudah-mudahan kesehatan yang kata orang itu mahal harganya, bisa menaungi segenap warga Trans AD dan sekitarnya. Terima kasih semua relawan, para dokter, perawat dan apoteker serta kepada para pihak-pihak terkait yang turut mendukung sehingga event ini berjalan lancar. Semoga lain waktu ada kesempatan kembali untuk "berbagi". Omong-omong, pihak Laznas Chevron sempat ngobrol-ngobrol dengan saya; katanya ingin kembali mengadakan event kesehatan lagi (masih dirahasiakan), tentunya yang lebih memberdayakan masyarakat lagi. Ya, doakan saja. #Aan Sopiyan

4 komentar:

  1. Balikpapan, Horray..... :D
    Apa Kabar Balikpapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin sore hujan deras dan pemutusan aliran listrik oleh PLN hampir 7 jam. Itu kabar terakhirnya... ehehehe

      Hapus
  2. berjalan sejauh 3km demi mengejar layanan kesehatan...benar-benar fantastis...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya, Mas Hariyanto.
      Salam balik.

      Hapus

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terima kasih.