20 Agu 2014

Jejak Langkah

Saya Aan Sopiyan. Lahir pada 15 Mei 1988 di Cimahi. Cimahi adalah kota kecil yang berada di tengah-tengah kawasan Bandung Raya, Jawa Barat. Satu kota yang begitu amat saya cintai, setelah itu barulah kota Bandung yang ada di hati. Lahir, tumbuh dan berkembang di sana membuat saya bangga menjadi bagian dari masyarakat kota Cimahi dan Bandung; dan di sanalah kampung halaman saya.

Rabu malam sekitar pukul 21:00 WITA, tanggal 25 Juni 2014 untuk pertama kalinya saya menjejakkan kaki di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Ada amanah kantor yang membuat saya harus dengan rela pergi sementara dari kota kelahiran. Meninggalkan orang-orang yang saya cintai dan kasihi. Meski masih terasa berat berpindah tempat, tentu ini bukan hal yang patut disesali. Masih di Indonesia kan, ya? Lagipula, banyak yang merantau jauh hingga ke luar negeri tapi mereka baik-baik saja; bahkan mereka terlihat keren. Hehe…

Merantau pergi meninggalkan kampung halaman merupakan sebuah pilihan. Saya tidak bisa menyalahkan manajemen, yang menjadi tempat saya meniti karir, yang dengan tega menempatkan saya hingga jauh dari separuh jiwa saya. Keputusan dari mereka telah saya terima dan dengan demikian telah menjadi pilihan saya. Karena di sisi lain, ada keinginan yang membuncah antara memperbaiki kehidupan dan mencari pengalaman baru. Tapi tentu pilihan saya ini bukan karena harus lari dari sesuatu.

Merantau berarti mencari kampung halaman kedua. Meresapi berbagai yang asing menjadi lekat dan dekat. Beradaptasi kembali dan berjuang melawan tekanan; teman baru, suhu yang tidak sesuai, rasa rindu yang tak tertahankan, hingga paksaan untuk hidup mandiri.

Semoga ada jejak-jejak langkah kebaikan yang akan saya tinggalkan di Balikpapan ini. Bagaimanapun, saya harus kembali ke kota kelahiran, kampung halaman pertama, kota yang paling saya cintai; Cimahi tercinta. Ini janji saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terima kasih.